Senin, 25 Mei 2015

PKM

1.      PKM Ialah Program kreatifitas Mahasiswa atau Pengabdian Kepada Masyarakat yang merupakan program bantuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya peningkatan kinerja. PKM juga dapat beruapaya untuk membangun ketranpilan usaha, penataan dan perbaikan lingkungan, penguatan kelembagaan masyarakat, sosialisasi penggunaan obat secara rasional, pengenalan dan pemahaman aspek hukum adat, upaya penyembuhan buta aksara  bagi masyarakat baik formal maupun non formal. Yang selama ini dinilai kurang produktif. Proposal program ini mensyaratkan adanya komitmen dalam bentuk kerjasama secara tertulis dari komponen masyarakat yang dibantu atau menjadi khalayak sasaran.

Jenis-jenis PKM

·         PKM-T Teknologi
Program bantuan teknologi (mutu bahan baku, prototipe, model, peralatan atau proses produksi, pengolahan limbah, sistem jaminan mutu dll) atau manajemen (pemasaran, pembukuan, status usaha dll) atau lainnya bagi industri berskala mikro atau kecil (industri rumahan, pedagang kecil atau koperasi) menengah atau berskala besaryg menyangkut kepentingan masyarakat luas dam sesuai  dg kebutuhan calon mitra program.
Mitra program : pedagang, penjual jasa.
PKM-T mwajibkan mhs bertukar pikiran dg mitra terlebih dahulu krn produk PKM-T merupakan solusi atas persoalan mitra
·         PKM-KC Karsa Cipta
Program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem, desain,  model/barang atau prototipe dan sejenisnya. Karya cipta tersebut bisa saja belum memberikan nilai kemanfaatan bagi pihak lain
·         PKM-P Penelitian
Penelitian untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan isu terkini.
Misalnya :
Pengembangan metode pembelajaran, eksplorasi sumber daya, modifikasi produk.Bidang humaniora - survei anak jalanan, metode pembelajaran aksara daerah dsb
·         PKM-K Kewirausahaan
Program Pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada profit (untung). Komoditas usaha yang dihasilkan berupa barang dan jasa.
·         PKM-M Pengabdian Masyarakat
Program penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya peningkatan kinerja, membangun ketrampilan usaha, penataan dan perbaikan lingkungan, penguatan kelembagaan masyarakat, sosialisasi dll.
Disyaratkan adanya komitmen bekerjasama secara tertulis (MoU) dg komponen masy/sasaran
·         PKM-AI Artikel IlmiahProgram penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan kelompok dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian masyarakat (misalnya studi kasus, praktik lapang, KKN, PKM dan magang
·         PKM-GT Gagasan Tulis

Program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari ide atau gagasam visioner kelompok mahasiswa. Gagasan yang dituliskan dapat mengacu kepada isu aktual yang ada di masyarakat dan memerlukan solusi sistem yang berjangka panjang berdasarkan hasil karya pikir yang cerdas dan implementatif

2.      Alur PKM

Yang pertama pembentukan kelompok Kreativitas Mahasiswa kemudian dikelompokkan ke bebrapa bidang yang sesuai dengan kemampuan mahasiswa seperti dalam PKM-P,PKM-K,PKM-M,PKM-T,PKM-KC,PKM-GT kemudia dilanjutkan pada PIMNAS- e-procedding. Bidang kegiatan PKM-AI dilanjutkan pada e-journal dan kemudian kegitan dilanjutkan pada JURNAL ILMIAH TERKAREDITASI. 

1 komentar:

  1. The Ultimate Guide to Casino in NJ - Dr.MD
    It's a gambling hall with 군산 출장안마 many 화성 출장안마 amenities such as a gym, a 인천광역 출장샵 bowling alley and a restaurant with a great location for a 천안 출장안마 drink or 성남 출장안마 a bar.

    BalasHapus