ANALISIS LATAR BELAKANG SKRIPSI YANG
BERJUDUL “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KENERJA SISTEM INFORMASI AKUNTASI
PADA PERUSAHAAN ASURANSI YOGYAKARTA”
Pengertian system informasi ada beberapa
macam dan mungkin itu akan berbeda antara satu ahli dengan ahli yang lain
tetapi pada intinya mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk menunjang
keberhasilan suatu usaha dengan memiliki suatu system pengaturan keuangan dan
manajemen data yang baik. Dalam suatu
bidang usaha atau badan usaha system informasi digunakan untuk menunjang keberhasilan suatu usaha. Ada
berbagai macam system informasi yang bisa digunakan dan itu semua untuk mempermudah suatu badan usaha mengatur system
keuangan dan data yang lain. Walaupun suatu badan usaha atau perusahaan telah
mempunyai system informasi yang baik itu belum tentu menjamin suatu perusahaan
akan berkembang dan menuai sukses.
Ada beberapa factor yang dapat menunjang
keberhasilan suatu system informasi dan factor yang paling berpengaruh ialah
pengguna, atau dalam suatu perusahaan ialah karyawan seperti manager, akuntan,
kepala bagian, dan karyawan-karyawan yang lainnya di berbagai bagian. Jika
suatu perusahaan memiliki karyawan yang baik dan berkualitas tentu mereka dapat
menjalankan system informasi yang mereka pakai. Sehingga mereka bisa mempunyai
data-data yang akurat serta dapat memenuhi semua informasi yang nantinya itu
semua akan digunakan oleh seorang pemimpin perusahaan untuk mengambil
keputusan. Dan dengan mempertimbangkan data-data dan semua variable yang ada
dan telah tersaji didalam system informasi yang digunakan oleh perusahaan
tersebut, tentunya karywan-karywanlah sebagai pengguna system informasi yang
mengumpulkan data-data yang ada didalamnya. Setelah semua itu tersaji maka
pemimpin perusahaan dapat mengambil keputusan yang terbaik dengan cepat. Dan
tentu saja keputusan pemimpin perusahaan tersebut akan menetukan berhasil atau
tidaknya suatu perusahaan yang ia pimpin.
DAFTAR ISI
Halaman
Judul i
Halaman
Persembahan ii
Kata Pengantar iii
Daftar
Isi v
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah……………………………………… 1
1.2 Rumusan Masalah
……………………………………………. 4
1.3 Tujuan Masalah……………………………………………...... 4
1.4 Manfaat Penelitian
…………………………………………… 5
1.5 Sistematika Penulisan………………………………………… 5
BAB II KAJIAN PUSTAKA
2.1
Pengertian Sistem Informasi Akuntansi…………………… 8 2.1.1 Sistem……………………….………………….….. 8
2.1.2
Sistem Informasi. ………………………………… 9
2.1.3
Informasi Akuntansi……………………………… 10
2.1.4
Sistem Informasi Akuntansi……………………… 11
2.1.5
Fungsi Sistem Informasi Akuntansi. ……………. 12
2.1.6
Tujuan Sistem Informasi Akuntansi.. …………… 13
2.1.7
Komponen Sistem Informasi Akuntansi. .............. 14
2.1.8
Kinerja Sistem Informasi Akuntansi...................... 16
2.1.9
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja SIA...... 18
2.2 Penelitian Terdahulu.……………........………………………. 20
2.3 Kerangka Pemikiran Penelitian………………………………. 29
2.4 Hipotesis.......…………………………………………………. 30
2.4.1
Keterlibatan Pemakai SIA ........................................ 30
2.4.2
Kemampuan Teknik Personal SIA............................ 31
2.4.3
Ukuran Organisasi...................................................... 32
2.4.4
Dukungan Manajemen Puncak................................... 33
2.4.5
Formalisasi Pengembangan......................................... 34
2.4.6
Program Pelatihan dan Pendidikan............................. 34
BAB III METODE PENELITIAN
3.1
Jenis dan Sumber Data………………………………………. 36
3.2
Teknik Pengumpulan Data.......…………………………….... 36
3.3
Populasi Penelitian............…………………………………... 37
3.4
Sampel Penelitian........………………………………………. 37
3.5
Definisi Operasional Variabel……………………………….. 37
3.5.1.
Variabel Independen……………………………… 37
3.5.2.
Variabel Dependen......……………………………. 40
3.6
Teknik Analisis dan Pengolahan Data………………….…… 41
3.6.1 Analisis Statistik
Deskriptif...................................... 41
3.6.2 Analisis
Kuantitatif.................................................. 41
3.6.3 Uji
Kualitas…………………………………............ 42
3.6.1.1 Uji Validitas............................................... 42
3.6.1.2 Uji
Reliabilitas............................................ 42
3.6.4 Uji Asumsi
Klasik..................................................... 43
3.6.4.1 Uji
Heteroskedastisitas............................... 43
3.6.4.2
Uji Multikolinearitas. ……………………. 43
3.6.4.3
Uji Normalitas…………………………… 44
3.6.5 Analisis Regresi Linear Berganda………………… 44
3.6.6 Uji Hipotesis…………………………………………. 45
3.6.6.1
Uji t.
……………………………………… 45
3.6.6.2
Uji F statistik……………………………… 46
3.6.6.3
Uji koefisien determinasi (R2) …………… 47
3.7
Pengukuran Variabel………………………………………… 47
BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN
4.1 Gambaran Umum
SIA……………………………………… 48
4.1.1 PT. Allianz………………………………………… 48
4.1.2 PT. Prudential……………………………………… 49
4.1.3 PT. Indrapura……………………………………… 50
4.2 Analisis
Data…………………………………………………… 51
4.3
Gambaran Umum responden………………………………… 51
4.3.1 Deskripsi Karakteristik
Responden...........……….... 52
4.4
Uji Kualitas Data……………………………………………… 55
4.4.1 Uji Validitas…………………………………………. 55
4.4.2 Uji Reliabilitas……………………………………… 56
4.5
Uji Asumsi Klasik……………………………………………… 57
4.5.1 Uji heteroskedastisitas……………………………… 57
4.4.2 Uji Multikolinearitas………………………………… 58
4.4.3 Uji Normalitas……………………………………… 59
4.6
Uji Hipotesis…………………………………………………… 60
4.6.1 Uji t………………………………………………… 60
4.6.2 Uji F………………………………………………… 68
4.6.3 Uji Koefisien Determinasi (R2)
…………………… 70
4.2
Pembahasan…………………………………………………... 71
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
1.1 Kesimpulan Hasil Penelitian……………………………….... 75
1.2 Implikasi Penelitian………………………………………… 77
1.3 Saran………………………………………………………… 79
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………..… 80
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar