Senin, 25 Mei 2015

MEMAHAMI INDIVIDU DENGAN TEKNIK NON TES

Memahami Individu Dengan Teknik Non Tes
                                                Oleh : Isnani Purwaningrum (5131211005)
            Praktikum Pemahaman Individu Teknik Non Tes  adalah tugas mata kuliah dalam bimbingan dan konseling yang membahas tentang suatu cara untuk memahami, menilai, atau menaksir karateristik potensi dan dan masalah-masalah atau gangguan yang ada pada individu dan kelompok individu. Tugas ini merupakan mata kuliah agar mahasiswa terampil dalam merencanakan assesmen, mengolah, meganalisis hasil penggunaan asesmen teknik non tes serta melaporkannya.
            Tugas adalah sebagai suatu pekerjaan dan tanggung jawab  seseorang, sebagai mahasiswa harus mengerjakan tugas yang didapat selama berkuliah untuk mendapatkan nillai dan melanjutkan ke semester selanjutnya. Pemahaman atau penilaian dimaksudkan untuk pemberian bantuan bagi pengembangan potensi yang ada pada siswa atau penyelesaian masalah-masalah yang dihadapinya. Dalam melakukan peneletian untuk menilai masalah-masalah yang dihadapi siswa digunakan berbagai instrument yang harus dimengerti dan menjadi tugas mahasiswa. Instrument yang digunakan dikelompokan menjadi dua, yaitu dengan cara tes dan non tes. Kedua jenis alat tersebut berfungsi untuk saling melengkapi.
            Tugas yang harus dilakukan dalam Praktikum Pemahaman Individu Teknik Non Tes meliputi dalam bidang pribadi yang didalamnya terdapat masalah dalam kesehatan dan agama, yang kedua dalam bidang karier yang didalamnya terdapat masalah cita-cita, bakat dan minat, kemudian dalam bidang social yang meliputi masalah sulitnya berkomunikasi, sulit bergaul, tidak memiliki teman dan dalam berorganisasi. Yang terakhir dalam bidang belajar yang didalamnya terdapat masalah dalam kesulitan belajar, gangguan belajar, dan pasif dalam belajar. Alat non tes yang digunakan dalam Praktikum Pemahaman Individu Teknik Non Tes dibagi menjadi bebrapa alat non tes yang digunkaan dalam Praktikum Pemahaman Indvidu Teknik Non Tes dan dibagi menjadi beberapa alat, yaitu observasi, mengamati secara langsung seseorang yang akan Diambil datanya. Dan menggunakan alat non tes seperti AUM, DCM, serta IKMS yang berupa angket yang disebarkan dan meminta siswa untuk mengisisesuai dengan keadaan mereka.
            Sebelum melakukan praktek langsung ke sekolah untuk mengetahui permasalahan siswa terlebih dahulu harus mengetahui apa yang akan diamati seperti dalam social atau belajar siswa. Karena sestiap siswa pasti mempunyai masalah yang berbeda-beda setiap individunya. Kemudian pengumpulan data siswa bias meminta kepada pihak sekolah kemudian harus dilakukan observasi atau penyebaran angket. Berdasarkan observasi yang telah saya lakukan pada matakuliah ini berupa pengamatan terhadap siswa tentang masalah yang dihadapi siswa SMPN 1 Pleret yang paling tinggi adalah masalah belajar.  Para siswa di SMP biasanya mengalami malasah belajar karena belum dapat mengatur waktu belajar, kurangnya semangat belajar, dan susah mengingat pelajaran yang telah dihafal. Dengan demikian observasi dan penyebaran angket pada siswa, mahasiswa jadi mengetahui secara lansung masalah yang dihadapi para siswa.
            Untuk melakukan praktek yang baik harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan optimal agar memperoleh nilai yang maksimal. Oleh karena itu harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu tentang alat teknik non tes  dan cara-cara untuk memperoleh data siswa tentang masalahyang dihadapi secara benar sesuai dengan aturan dan memperoleh hasil yang diharapkan. Jika tidak mengetahui dan memahami terlebih dahulu tentang apa yang akan dilakukan dalam praktek kita akan bingung dalam pengambilan data pada siswa dan memperoleh data yang tidak valid tentang permasalahan yang dihadapi para siswa.
            Langkah pertama yang dilakukan adalah pelajari dan pahami tentang observasi dan penyebaran angketyang akan dilakukan agar berjalan normal dan tidak terjadi kesalahan. Langkah kesdua kerjakan tugastepat waktu , dating kesekolah dan menggunakan sebaik mungkin , jangan menunda tugasagar tidak mengganggu pekerjaan yang lain dan tidak mengganggu proses belajar siswa yang akan diambil datanya. Setelah itu lakukan observasi berupa pengamatan tentang prilaku siswa, sebaiknya siswa tidak mengetahui jika sedang diamati agar perilaku yang dilakukan tidak dibuat-buat. Dan dalam penyebaran angket usahakan agar siswa mengisi dengan benar sesuai dengan yang dialami dan dihadapi agar permasalahan yang dialami dapat ditangani dengan tepat dan menjadikan siswa sebagai individu yang lebih baik.


Tugas Praktikum Pemahaman Individu Teknik Non Tes adalah tugas memhamai, menilai, atau menkasir karakteristik potensi dan masalah-masalah atau gangguan yang ada pada individu dan kelompok individu. Terdapat bebrapa cara unutk mengetahui masalah yang dihadapi seperti dengan observasi da penyebaran angket seperti DCM (dafatr cek masalah). Dengan mengetahui masalah yang dihadapi, dapat dilakukan cara untuk mengatasi masalah dengan mencari penyelesaian dengan cara yang paling tepat. Dan mnejadikan siswa menjadi individu yang lebih baik lagi. Mengerjakan tugas sebaiknya dikerjakan secara optimal dan tepat waktu agar memperoleh hasil yang maksimal. 
Terdapat beberapa klelebihan dalam pemberian tugas seperti (a) dapat memupuk rasa percaya diri (b) dapat membina kebiasaan mahasiswa/siswa untuk mnecari, mengolah, dan menginformasikan serta mengkomunikasikan diri (c) dapat mendorong semanagat belajar, sehingga tidak mudah bosan (d) dapat membina tanggung jawab dan didisplin (e) dapat mengembangkan kreativitas (f) mengembangkan pola berpikir dan ketrampilan (g) dengan praktek langung ke lapangan membuat siswa/mahassiwa lebih paham.

Saran dalam mengerjakan tugas ialah (a) mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh agar mendapat nilai yang baik (b) mempeljari terlebih dahulu apa tugas yang akan dikerjakan (c) mengerjakan tugas dengan teliti (d) mengerjakan tugas dengan tepat waktu (e) jangan menunda pekerjaan, karena setiap menunda pekerjaan berarti menambah pekerjaan (f)jangan terburu-buru (g) jika belu mengerti tentang tugas yang akan dikerjakan meminta bantuan kepada teman. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar