Selasa, 24 Februari 2015

RESENSI BUKU FILSAFAT PENDIDIKAN

Judul Buku      : Filsafat Pendidikan
pengarang        : Drs. Soegiono, M.M dan Dr. Tamsil Muis
Penerbit           : PT Remaja Rosdakarya
Tahun Terbit    : 2012
Tempat Terbit : Bandung
Tebal Buku      : 134 halaman

            Sebagai buku pembelajaran filsafat pendidikan yang ditujukan kepada maahasiswa bahwa filasat merupakan hal yang biasa, tidak jauh berbeda dengan ilmu-ilmu yang lain dan dapat dialami dan dilakukan oleh semua orang yang dapat berfikir normal. Materinya dipilih hanya mengenain pokok-pokok yang menyangkut kasus yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Sehingga mahasiswa dengan mudah melihat nilai praktis dan meteri filsafat pendidikan. Namun tidak mengurangi karekteristik filsafat yang memamng menuntut kegiatan berpikir yang sungguh-sungguh.
            Buku filsafat pendidikan ini ditulis oleh Drs. Soegiono, M.M dan Dr. Tamsil Muis. Drs. Soegiono, M.M pengajar mata kuliah filsafat sejak tahun 1966 dan sampai sekarang masih mengajar sebagai dosen luar biasa dalam mata kuliah filsafat Di UNESA. Dr. Tmasil Muis mengajar sebagai anggota tim dosen mata kuliah filsafat Di FIP IKIP Surabaya, sejak  tahun 1998 hingga sekarang.
            Pembahasan pertama pada buku ini mengenai pemahaman dan pengertian filsafat, yang menjelaskan pengertian filsafat ditinjau dari asal kata, pengertian filsafat menurut para filosof, pengertian filsafat menurut beberapa penulis buku filsafat, pengertian filsafat menurut kamus, dan pemaduan arti filsafat. Selanjutnya pembahasan buku ini tentang filsafat ditengah-tengah berbagai karya budaya karena filsafat merupakan salah satu kegiatan atau hasil kegiatan yang menyangkut aktifitas oelh budi manusia. Selanjutnya pembahasan tentang aliran dan cabang filsafat yang berisi aliran-aliran dan cabang filsafat dari berbagai toko dan aliran dalam filsafat.
            Pembahasan dan bab sudut pandang filosofi pendidikan berkaitan antara filsafat dan pendidikan yang lebih di konkretkan lagi, yaitu dengan mempertemukan cabang-cabang filsafat dan aliran-aliran filsafat dengan komponen-komponen pendidikan. Dan juga berisi aliaran-aliran filsaat dalam pendidikan untuk pelaksanaan pendidikan yang sesuai dengan visi dan misi pendidikan. Pembahasan terakhir dalam buku ini membahas tentang filsafat pendidikan Di Indonesia. Pendidikan yang berisi tentang menyatunya filsafat dengan pendidikan menghasilkan cabang filsafat yang disebut filsafat pendidikan. Sesuai dengan salah satu karakter filsafat yang melahirkan aliran-aliran, maka ada tiga aliran utama dalam filsafat pendidikan yaitu Progresivisme, Eksensialisme dan Paranealisme.
            Pemakaian bahasa dalam buku filsafat pendidikan secara keseluruhan menggunakan bahasa EYD yang benar karena banyaknya materi dari berbagai toko filsafat. Materi mudah dipahami tentang penjelasan-penjelasan aliran-aliran dalam filsafat pendidikan lansung ke pokok materi  dan menyangkut kasus yang terjadi pada kehidupan sehari-hari sehingga mahasiswa mudah memahami.
            Kelebihan buku filasafat pendidikan materi yang dijalaskan hanya mengenai pokok-pokok terutama yang menyangkut kasus yang terjadi pada kehidupan sehari-hari sehingga mahasiswa dengan mudah melihat nilai praktis dari materi filsafat pendidikan. Kekurang buku filsafat pendidikan menuntut kegiatan berfikir yang sungguh-sungguh dan harus memahami pengertian menurut para filosof dan berbagai tokok.
            Kesimpulan buku filsafat pendidikan menjelaskan tentang pemahaman filsafat, aliran dan cabang-cabang filsafat dari berbagai tokoh. Dan menunjukan pada mahasiswa bahwa filsafat merupakan hal yang biasa, tidak jauh berbeda dengan ilmu-ilmu yang lain. Saran untuk buku ini lebih banyak menambah materi dari berbagai sumber. Buku ini layak untuk mata kuliah filsafat pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar