Judul Buku :
Filsafat Pendidikan
pengarang : Drs. Soegiono, M.M dan Dr. Tamsil Muis
pengarang : Drs. Soegiono, M.M dan Dr. Tamsil Muis
Penerbit :
PT Remaja Rosdakarya
Tahun Terbit :
2012
Tempat Terbit :
Bandung
Tebal Buku :
134 halaman
Sebagai buku pembelajaran filsafat
pendidikan yang ditujukan kepada maahasiswa bahwa filasat merupakan hal yang
biasa, tidak jauh berbeda dengan ilmu-ilmu yang lain dan dapat dialami dan
dilakukan oleh semua orang yang dapat berfikir normal. Materinya dipilih hanya
mengenain pokok-pokok yang menyangkut kasus yang terjadi pada kehidupan
sehari-hari. Sehingga mahasiswa dengan mudah melihat nilai praktis dan meteri
filsafat pendidikan. Namun tidak mengurangi karekteristik filsafat yang memamng
menuntut kegiatan berpikir yang sungguh-sungguh.
Buku filsafat pendidikan ini ditulis
oleh Drs. Soegiono, M.M dan Dr. Tamsil Muis. Drs. Soegiono, M.M pengajar mata
kuliah filsafat sejak tahun 1966 dan sampai sekarang masih mengajar sebagai
dosen luar biasa dalam mata kuliah filsafat Di UNESA. Dr. Tmasil Muis mengajar
sebagai anggota tim dosen mata kuliah filsafat Di FIP IKIP Surabaya, sejak tahun 1998 hingga sekarang.
Pembahasan pertama pada buku ini
mengenai pemahaman dan pengertian filsafat, yang menjelaskan pengertian filsafat
ditinjau dari asal kata, pengertian filsafat menurut para filosof, pengertian
filsafat menurut beberapa penulis buku filsafat, pengertian filsafat menurut
kamus, dan pemaduan arti filsafat. Selanjutnya pembahasan buku ini tentang
filsafat ditengah-tengah berbagai karya budaya karena filsafat merupakan salah
satu kegiatan atau hasil kegiatan yang menyangkut aktifitas oelh budi manusia.
Selanjutnya pembahasan tentang aliran dan cabang filsafat yang berisi
aliran-aliran dan cabang filsafat dari berbagai toko dan aliran dalam filsafat.
Pembahasan dan bab sudut pandang
filosofi pendidikan berkaitan antara filsafat dan pendidikan yang lebih di
konkretkan lagi, yaitu dengan mempertemukan cabang-cabang filsafat dan
aliran-aliran filsafat dengan komponen-komponen pendidikan. Dan juga berisi
aliaran-aliran filsaat dalam pendidikan untuk pelaksanaan pendidikan yang
sesuai dengan visi dan misi pendidikan. Pembahasan terakhir dalam buku ini
membahas tentang filsafat pendidikan Di Indonesia. Pendidikan yang berisi tentang
menyatunya filsafat dengan pendidikan menghasilkan cabang filsafat yang disebut
filsafat pendidikan. Sesuai dengan salah satu karakter filsafat yang melahirkan
aliran-aliran, maka ada tiga aliran utama dalam filsafat pendidikan yaitu
Progresivisme, Eksensialisme dan Paranealisme.
Pemakaian bahasa dalam buku filsafat
pendidikan secara keseluruhan menggunakan bahasa EYD yang benar karena
banyaknya materi dari berbagai toko filsafat. Materi mudah dipahami tentang
penjelasan-penjelasan aliran-aliran dalam filsafat pendidikan lansung ke pokok
materi dan menyangkut kasus yang terjadi
pada kehidupan sehari-hari sehingga mahasiswa mudah memahami.
Kelebihan buku filasafat pendidikan
materi yang dijalaskan hanya mengenai pokok-pokok terutama yang menyangkut kasus
yang terjadi pada kehidupan sehari-hari sehingga mahasiswa dengan mudah melihat
nilai praktis dari materi filsafat pendidikan. Kekurang buku filsafat
pendidikan menuntut kegiatan berfikir yang sungguh-sungguh dan harus memahami
pengertian menurut para filosof dan berbagai tokok.
Kesimpulan buku filsafat pendidikan menjelaskan tentang
pemahaman filsafat, aliran dan cabang-cabang filsafat dari berbagai tokoh. Dan
menunjukan pada mahasiswa bahwa filsafat merupakan hal yang biasa, tidak jauh
berbeda dengan ilmu-ilmu yang lain. Saran untuk buku ini lebih banyak menambah
materi dari berbagai sumber. Buku ini layak untuk mata kuliah filsafat
pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar